PALU, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) Setelah melantik Kombes Pol. Barliansyah sebagai Kapolresta Palu, hari ini Kapolda Sulteng melakukan pengukuhan perubahan tipe Polresta Palu, Rabu (20/4/2022)

Acara yang berlangsung di Aula Torabelo Polresta Palu itu turut dihadiri Wakapolda Sulteng, unsur forkopimda Kota Palu, pejabat utama Polda Sulteng serta Kapolres Sigi dan Kapolres Donggala.

Dalam sambutannya Irjen Pol. Rudi Sjufahriadi mengatakan, peningkatan tipologi Polres Palu menjadi Polresta Palu di dasarkan atas perkembangan dari jumlah penduduk, dinamika kejahatan, perkembangan tantangan yang dihadapi, dan rekomendasi dari pemerintah daerah, TNI, dan organisasi terkait lainnya,

Lanjut Rudi juga mengatakan, konsekuensi dan implikasi dari peningkatan tipe, yaitu perubahan struktur organisasi berupa peningkatan struktur menjadi lebih besar, kepangkatan dari para pejabat yang ada di dalamnya, jumlah personel, dukungan anggaran, dan dukungan peralatan serta peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, tegasnya.

Rudi juga berharap, agar kerjasama, sinergitas dan soliditas yang telah terjalin dengan segenap unsur pemerintah daerah, TNI, dan seluruh komponen masyarakat kota palu, agar senantiasa dipertahankan dan ditingkatkan guna menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang.

Sementara itu Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol. Didik Supranoto menambahkan, pengukuhan perubahan tipe Polres Palu menjadi Polresta Palu ini berdasarkan surat Kemenpan RB nomor B/42/M.KT.01/2022 tanggal 11 Januari 2022 dan Keputusan Kapolri nomor KEP/117/I/2022 tanggal 24 Januari 2022,

Pejabat Kapolresta Palu pun juga telah diisi setelah kemarin telah dilantik Kombes Pol. Barliansyah oleh Kapolda Sulteng. Demikian juga jabatan Wakapolresta Palu sesuai Surat Telegram Kapolri ditunjuk AKBP Andi Batara Purwacaraka yang sebelumnya menjabat Wadirresnarkoba Polda Sulteng, pungkasnya.

Acara pengukuhan perubahan tipe Polres Palu menjadi Polresta Palu ditandai dengan penanda tanganan Berita Acara Pengukuhan, penanda tanganan prasasti dan penekanan tombol untuk membuka selubung Polresta Palu oleh Kapolda Sulteng.* sug