1700043893753

CBN,Palembang–Wujud turut serta mendukung program pemerintah dalam pembangunan hingga tingkat desa, Babinsa jajaran Kodim 0429/Lamtim menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di wilayah masing-masing, Rabu (15/11/2023)*.

Sebagai mana diketahui bahwa Musrenbangdes adalah musyawarah yang diselenggarakan guna diperuntukan untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan pembangunan desa yang didanai oleh anggaran pendapatan dan belanja desa, swadaya masyarakat desa, dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota.

img 20231115 wa0156
img 20231115 wa0156

Sebagai contoh, pembahasan rancangan RPJM Desa, RKP Desa dan daftar usulan RKP Desa, penyusunan dan pelaksanaan RKP Desa oleh Penjabat Kepala Desa, perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) dan/atau Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) dan lain sebagainya.

Musrenbangdes merupakan sebuah forum partisipatif yang melibatkan semua elemen masyarakat desa, seperti warga, pemuda, tokoh adat, dan tokoh agama, untuk membahas dan merumuskan rencana pembangunan desa. Tujuan dari Musrenbangdes adalah untuk memastikan bahwa pembangunan di desa dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

img 20231115 wa0152
img 20231115 wa0152

Hingga saat ini, Musrenbangdes menjadi salah satu instrumen penting dalam pembangunan desa di Indonesia. Banyak desa yang telah berhasil memanfaatkan Musrenbangdes untuk mengidentifikasi potensi dan kebutuhan desa, serta merencanakan program pembangunan yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakatnya.

Selaku prajurit Teritorial yang memiliki desa binaan, hadirnya Babinsa dalam setiap kegiatan termasuk Musrenbangdes adalah sebagai wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat sekaligus mendukung program pemerintah dalam bidang pembangunan desa.

Keberadaan Babinsa diharapkan dapat memberikan kontribusi dan peranan penting bagi desa binaan serta masyarakatnya. Tidak hanya dalam pemeliharaan situasi Kamtibmas Babinsa juga diharapkan mampu melaksanakan monitoring perkembangan pembangunan di desa atau kelurahan binaannya masing-masing.

Reporter:Salim

Pendam II/Sriwijaya Palembang

*——- o0o ——*

 

Share :