Ambon, Maluku Cakrabhayangkaranews.comPangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon bersama Danlantamal IX/Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina serta Manajemen PT SIS (Samudera Indonesia Sejahtera) bertatap muka dengan kelompok nelayan yang didampingi para Babinsa Kodim 1503/ Tual untuk mendorong perikanan melalui program Mutiara Pattimura, di Tual, Selasa (19/04/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengakselerasikan program Kodam XVI/ Patimura , yaitu Mutiara Pattimura kepada para Babinsa Kodim 1503/ Tual dan kelompok nelayan Tual. Dalam kegiatan tersebut Pangdam berkesempatan meninjau perkembangan program Mutiara Pattimura bidang perikanan di Tual, diantaranya proses kerjasama nelayan dengan PT. SIS. Dimana PT. SIS memberikan edukasi serta bantuan langsung gratis berupa batu es kepada para nelayan. Es ini digunakan untuk menjaga kualitas ikan hasil tangkapan sehingga harga jual tetap bagus .

Selain itu Pangdam juga meninjau proses penjualan atau penyaluran ikan dari nelayan kepada PT. SIS. Berapapun hasil tangkapan ikan yang diperoleh nelayan akan siap ditampung di sini. Ini tentu peluang yang sangat bagus bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya.

 

Setelah peninjauan, Pangdam juga melaksanakan dialog interaktif bersama para Babinsa, nelayan dan PT. SIS sehingga kendala- kendala yang selama ini dihadapi dapat ditemukan jalan keluarnya. Diantaranya masalah perizinan kapal, persyaratan hasil tangkap yang berkualitas maupun permasalahan bahan bakar minyak yang digunakan oleh nelayan. Menurut Pangdam, kendala di lapangan agar terus dikoordinasikan dengan sinergitas yang tercipta dari seluruh elemen, baik masyarakat nelayan, Kodim, Lanal, maupun dari PT. SIS yg diharapkan dapat berperan sebagai Bapak Angkat para Nelayan . Semuanya harus memiliki rasa tanggung jawab dan saling melengkapi dalam melakukan aktifitas, karena “Kebersamaan Adalah Kekuatan,” ujar Pangdam.

Dalam arahannya Pangdam memotivasi para nelayan sebagai Petarung Lautan yang memiliki semangat pantang menyerah menghadapi berbagai tantangan di lautan . “Saya menghimbau kepada bapak- bapak nelayan, selalu semangat menangkap ikan, namun tetap jaga keselamatan” kata Pangdam.

Danlantamal IX/Ambon, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut turut memberikan masukan kepada para nelayan, khususnya pada masalah perizinan agar berkoordinasi dengan Lanal Tual maupun Lantamal Ambon.

Dengan adanya program Mutiara Pattimura yang bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, baik pihak PT. SIS maupun pemerintah daerah kota Tual, Pangdam berharap dapat membuka peluang kerja yang lebih luas kepada masyarakat khususnya dalam hal penangkapan ikan. Sehingga dampak kesejahteraan masyarakat setempat semakin meningkat.

Pada kesempatan tersebut melalui Program Mutiara Pattimura , Pangdam juga akan mengapresiasi kepada masyarakat nelayan yang konsisten dalam perolehan hasil tangkapnya berdasarkan penilaian oleh tim dari PT. SIS, Kodim dan Lanal untuk diberangkatkan ibadah umroh atau ziarah suci keagaamaan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kasdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Stepanus Mahury, Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, Danrem 151/ Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan dan tokoh masyarakat serta kelompo kelompok nelayan. (Pendam XVI/Pattimura)