img 20240511 wa0003 (1)
Jakarta – Puluhan Kendaraan Taktis (Rantis) lapis baja beserta motor kawal bertenaga listrik milik TNI yang akan digunakan dalam pengamanan KTT World Water Forum (WWF) ke-10 tiba di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (11/05/2024).
Puluhan Rantis dan motor kawal ini akan dibawa menggunakan empat KRI milik TNI AL, yakni KRI Banjarmasin-592, KRI Makassar-590, KRI Banda Aceh-593 dan KRI Teluk Bintuni-520 menuju pulau Dewata Bali, tempat dilaksanakannya Konferensi Tingkat Tinggi pertemuan Internasional terbesar di bidang air. Seluruh Rantis ini diperkirakan akan tiba di pelabuhan Tanjung Benoa Bali pada tanggal 14 Mei 2024.
Menurut Kapuspen TNI selaku Komandan Satgas Penerangan Kogabpadpam VVIP KTT World Water Forum Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc., selain prajurit, disiapkan juga Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), ÔÇťAlutsista yang ada seperti pesawat untuk persiapan kalau ada evakuasi ada bencana alam atau erupsi gunung. Pengamanan di laut juga kita siapkan kapal-kapal kita kerahkan. KRI-KRI dikerahkan di Selat Bali dan Selat Lombok,” terang Kapuspen TNI.
Adapun jenis Rantis yang diangkut dengan menggunakan keempat KRI tersebut, diantaranya meliputi Ransus CBRNE Sprinter 516, Ransus Lidik Kizi Nubika, Ran Elf (satwa), Ranpur Anoa, Ransus Jihandak Ivader+ Bom Trailer, Motor listrik (POM), Motor listrik (Matan), Mobil listrik (POM) dan Sea Rider + truk penarik.
Share :