img 20240617 wa0138

 

 

Pangkalpinang, CBN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel menggelar Sholat Iduladha 1445 H dan Pemotongan Hewan Kurban, Senin (17/06). Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono beserta seluruh jajaran dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

  1. img 20240617 wa0144

Ustadz Syarif Hidayat selaku Penyuluh Agama dari Kementerian Agama Kota Pangkalpinang dihadirkan dalam kesempatan ini sebagai imam merangkap khotib. Dalam khutbahnya, Ustadz Syarif menyampaikan kepada seluruh jamaah untuk dapat memaknai Hari Raya Iduladha ini dengan meneladani pengorbanan serta keikhlasan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s atas perintah Allah Subhanahu Wata’ala.

 

“Peristiwa tersebut harus kita maknai sebagai pengingat kita untuk dapat senantiasa mengintrospeksi diri serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala,” ujar Usatdz Syarif.

img 20240617 wa0143

Selepas pelaksanaan Sholat Id, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban di Halaman Dalam Lapas. Jumlah hewan qurban yang akan disembelih sebanyak 10 (sepuluh) ekor yang terdiri dari 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Hewan kurban ini merupakan pemberian dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto. Kemudian Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono bersama dengan Pejabat Struktural, serta dari Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dan Koperasi Lapastika Selindung Sejahtera.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah Sholat Iduladha, melibatkan seluruh petugas maupun warga binaan. Kegiatan diawali dengan serah terima hewan kurban dari Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono kepada Kasi Binadik, Pebri Sadam selaku Ketua Panitia Kegiatan. Selanjutnya dilakukan pemotongan satu persatu hewan kurban yang disaksikan secara langsung oleh Kalapas dan Pejabat Struktural.

“Pelaksanaan kegiatan kurban di Lapas Narkotika Pangkalpinang ini merupakan momentum bersama dalam rangka memeriahkan Hari Raya Iduladha 1445 H,” tutur Kalapas, Nur Bambang.

“Daging kurban ini nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat di sekitar lingkungan Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang. Selain itu, daging kurban juga akan didistribusikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam bentuk hidangan siap konsumsi, dimana daging tersebut akan diolah terlebih dahulu di dapur lapas,” jelas Kalapas.

Lebih lanjut, Kalapas berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri sekaligus meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Selain itu, melalui hal ini juga diharapkan dapat menjadi momentum untuk saling berbagi kebahagiaan dan meningkatkan kepedulian antar sesama, terutama kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga semangat berkurban ini dapat memberikan inspirasi bagi seluruh pegawai, warga binaan maupun masyarakat sekitar untuk senantiasa memiliki rasa kepedulian antar sesama,” ujar Kalapas.

“Kami berharap serupa dapat terus dilaksanakan dimasa mendatang sehingga semua pihak dapat turut serta merayakan kebahagiaan dan makna dari ibadah qurban di Hari Raya Iduladha,” harapnya.

Kontributor : HUMAS LAPASTIKA PASTI “BERTIMAH”

#PemasyarakatanPastiBerdampak

#KumhamPasti

#KumhamBabel

#LapasNarkotikaPangkalpinang

#LapastikaPastiBertimah

Share :