Kotabaru, Kalsel –Cakrabhayangkaranews.com (CBN) –Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, SH memyambut habgat kedatangan mahasiswa (i) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin, 03-07-2023.

Bupati Kotabaru, H. Said Jafar Alaydrus, SH menyatakan kegembiraannya dan menyambut baik kedatangan mahasiswa (i) Universitas Lambung (ULM) Jurusan Fakultas Perikanan dan Kelautan, yang dipimpin oleh Rektor ULM, Prof. Dr. Ahmad Alim Bakri, SE, M. Hut. Acara serah terima digelar di Operation Room Setda Kotabaru.

Bupati Kotabaru dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemda Kotabaru menyambut baik, dan bangga menerima kedatangan adik-adikĀ  mahasiswa di Kotabaru ini. Bupati juga berterima kasih dan mengutarakan apresiasinya kepada Rektor ULM, yang memilih Kotabaru untuk menempatan 273 mahasiswa yang melakukan KKN.

screenshot 20230705 102622 1
Penempatan mahasiswa (i) untuk melakasanakan di kota berjulukan “Bumi Saijaan” tepat sekali, Mengapa? Sebab, wilayah Kotabaru sangat luas arealnya dan dikelilingi oleh lautan, dan masyarakat nelayan sangat menanti kedatangan para

mahasiswa (i). Adik-adik mahasiswa akan turun ke lapangan dan berhadapan langsung dengan para nelayan. Disatu sisi, para nelayan akan mengetahui tehnik dan cara menangkap ikan yang baik, dengan peralatan moderen.

screenshot 20230705 102608 1
Selama ini papar bupati, nelayan Kotabaru, hanya bekerja sebagai penangkap ikan turun temurun dengan cara tradisional. Apalagi, ikan – ikan yang ada diperairan Kotabaru sering dicuri oleh nelayan dari luar dengan peralatan jaring yang lebih besar, moderen, canggih dengan teknik penangkapan yang lebih baik. “Kapal yang digunakan pun besar,” jelas Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus.

Dikesempatan itu Bupati berharap kepada Rektor ULM bersama jajarannya, agar dapat mengarahkan penggunaan peralatan modern serta tehnik penangkapan ikan yang baik. Sehingga hasil ikan ikan diwilayah lauut Kotabaru nanti, tidak lagi diambil atau dicuri nelayan luar Kabupaten Kotabaru. Khusus nya, dan Kalima tan Selatan umumnya.” pinta bupati.

screenshot 20230705 102612 1

Sekda Kotabaru Drs.H.Said Ahmad, MM. selaku pimpinan Acara menam bahkan, mahasis wa (i) yang melaksanakan tugas Kuliyah Kerja Nyata (KKN) semuanya akan ditempat pada lokasi di lima Kecamatan dan 16 desa di-daerah pesisir pantai dalam kabupaten. “Teknis penempatannya sesuai dengan jurusan dari mahasiswa(i) itu sendiri. ” ucap Sekda.

Said Ahmad menambahkan, Jumlah Mahasis wa(i) ULM 273 orang, 122 orang Mahasiswa dan 151 orang Maha siswi, ditempat kan, Mading-masing di Kecamatan Pulau Laut Utara, Desa Rampa (Rampa Lama), Sungai Taib, Desa Semayap – Rampa Baru, dan desa Stagen.

screenshot 20230705 102619 1
Kedua di Kecamatan Pulau Laut Sigam, Desa Hilir Muara, Sarang Tiung dan Desa Gedambaan. Ketiga, di Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Teluk Gosong, Teluk Mesjid, dan desa Sungai Limau. Keempat di Kecamatan Pulau Sebuku, Desa Rampa Sungai Bali, desa Ujung dan desa Sekapung. Kelima di Kecamatan Pulau Laut Tengah, Desa Salino, desa Sungai Pasir, dan Desa Semisir.

Sekda Kotabaru menjelaskan lagi, Mahasiswa dan Mahasiswi Univer sitas Lambung Mangkurat ( ULM ) melaksa nakan Program KKN di Kabupaten Kotabaru degan waktu selama satu bulan. “Mahasiswa ULM yang akan melaksanakan KKN ini, bukan KKN yang pertama, namun sebelumnya ada juga mahasiwa (i) dari UGM dan dan mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin,” tutup Sekda.* Syarifuddin.

Share :