JakartaCakrabhayangkaranews.com (CBN) – Kepedulian tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitar perlu menjadi perhatian bersama untuk keberlangsungan mahluk hidup dimuka bumi, oleh karenanya Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad yang sedang bertugas di daerah rawan wilayah pegunungan tengah Papua turut berperan aktif peduli dalam menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitar, hal ini ditunjukkan dengan menggelar kegiatan penanaman pohon jenis Kasuari bersama masyarakat di wilayah pegunungan tengah tepatnya di Desa Loanom Distrik Malagayneri Kabupaten Lanny Jaya Papua.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy Herbowo, S.Sos., M.Si. dalam rilis tertulisnya di Lanny Jaya Papua. Rabu (20/04/2022).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Komandan Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy Herbowo, S.Sos., M.Si. ini membutuhkan perjuangan panjang dan melelahkan, pasalnya untuk menuju ke lokasi kegiatan penanaman pohon para Prajurit Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak menembus pedalaman Papua.

Selain itu, ada yang menarik dalam proses penamanan pohon tersebut karena Prajurit dan masyarakat Loanom Distrik Malagayneri menanam pohon jenis Kasuari sejumlah 412 pohon, rangkaian kegiatan yang diawali dengan penyerahan bibit pohon Kasuari secara simbolis dari Dansatgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad kepada Kepala Desa Loanom Bapak Miskin Kogoya itu berjalan aman, lancar dan sukses, tampak antusias dan kebersamaan masyarakat Loanom dengan Prajurit Satgas dalam mengikuti kegiatan penanaman pohon tersebut.

Dokter Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Lettu Ckm dr. Rio Putra dalam wawancaranya menjelaskan bahwa setelah pelaksanaaan penanaman pohon, Satgas 412 Kostrad juga menggelar kegiatan pelayanan kesehatan karena pada umumnya masyarakat yang berada di pegunugan tengah khususnya Desa Loanom Distrik Malagayneri Kabupaten Lanny Jaya ini banyak masyarakat yang kesulitan menuju ke fasilitas kesehatan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya, untuk itu kita turun langsung ke lapangan membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.* gus – penkostrad