Batam, Kepri, Bakamla RI Cakrabhayangkaranews.comDalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap aspek-aspek terkait hukum di laut serta penerapannya dalam penegakan hukum, Bakamla RI Zona Tengah melaksanakan kunjungan ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Bitung (KSOP Bitung), Kemarin.

Dalam kunjungan tersebut, Kasubbag TU & Rumga Zona Maritim Tengah Letkol Bakamla Decky Y.S. Ticoalu, S.H., M.H, didampingi Analis Hukum Ahli Muda Letkol Bakamla Muhamad Azhari, S.H., bertemu dengan PPNS KSOP Bitung Agustinus.

Letkol Bakamla Decky menyampaikan, maksud dan tujuan kedatangannya ke KSOP Bitung. Dikatakannya, unsur patroli Bakamla RI khususnya Zona Maritim Tengah siap menjadi garda terdepan dalam melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan laut di bulan suci Ramadhan tahun 2022. Bakamla RI Zona Tengah siap bersinergi dengan KSOP Bitung dalam patroli maupun penegakan hukum.

Ia pun menyebut, Indonesia bagian tengah saat ini menghadapi isu keamanan maritim yang bersifat non-tradisional dan transnasional seperti pelanggaran perbatasan illegal fishing, armed robbery, illegal migrant, penyelundupan narkoba maupun marine pollution.

Bakamla RI dan instansi keamanan laut menjadi ujung tombak dalam rangka pencegahan, penindakan dan penegakan hukum kejahatan non-tradisional dan transnasional di laut, terlebih di hari raya Idul Fitri. “Hal tersebut karena banyak para oknum atau penjahat memanfaatkan dihari raya untuk melakukan kegiatan illegal di laut,” ujar Letkol Bakamla Decky.

“Bakamla RI Zona Maritim Tengah telah mengerahkan unsur KN. Singa Laut 402, KN. Gajah Laut 404, Catamaran 5-06 dan RHIB 87-02 dalam melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan laut jelang hari raya Idul Fitri,” jelas Letkol Bakamla Decky.

Agustinus menyambut baik atas kunjungan dari Bakamla RI. KSOP siap berkolaborasi dengan Bakamla dalam pelaksanaan patroli dan penegakan hukum di hari raya idul Fitri nantinya. “Tidak hanya saat hari raya, diharapkan juga secara terus menerus sinergi dan kolaborasi antara Bakamla RI dan KSOP Bitung dilakukan,” terang Agustinus.

Autentikasi: Pranata Humas Ahli Madya Dr. Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr. Hanla.

Foto : Humas Bakamla RI