Jakarta – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Momentum libur lebaran Idul Fitri 1443 H (Hijriah), Batalyon Mandala Yudha Kostrad menghadiri dan menyaksikan rangkaian acara Seba Baduy 2022 di Alun-alun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (06/05/2022).

Batalyon Mandala Yudha Kostrad turut ikut dalam pengamanan dan memeriahkan berlangsung nya kegiatan Seba Baduy 2022, acara tersebut digelar selama 3 hari yakni tanggal 5 hingga 7 Mei 2022, berbagai kegiatan rangkaian Seba Baduy 2022.

Seba Baduy adalah ritual adat atau tradisi di mana masyarakat Suku Baduy berbondong-bondong keluar dari wilayahnya. Suku Baduy atau yang dikenal dengan Urang Kanekes merupakan suku yang terletak di ujung barat Pulau Jawa tepatnya di Provinsi Banten.

Selain dikenal sebagai suku yang menutup diri dari kehidupan modern dan patuh terhadap aturan hukum adat, Suku Baduy juga memiliki tradisi unik bernama Seba Baduy.

Seba Baduy dilakukan membawa hasil panen dengan berjalan kaki menuju pusat Pemerintahan baik Kabupaten Lebak maupun Provinsi Banten.

Hal itu dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur yang diperoleh dalam setahun sekaligus menjalin silaturahmi antara masyarakat Baduy kepada bapak-bapak gede yaitu Bupati, Gubernur dan bersama Prajurit Batalyon Mandala Yudha Kostrad.* gus – penkostrad