img 20231122 wa0025

Cakra Bhayangkara News Kukar – Bertempat di Pantai Tanah Merah Jl. Samboja – Muara Jawa Kel. Tanjung Harapan Kec. Samboja Kab. Kutai Kartanegara, telah dilaksanakan kegiatan bersih Pantai dan penanaman bibit mangrove oleh Sat Polairud Polres Kutai Kartanegara.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena melalui Kasat Polairud AKP Yohanes Bonar  menerangkan kegiatan itu merupakan dalam rangka HUT POLAIRUD Ke 73, pada Selasa (21/11).

AKP Yohanes menyampaikan bahwa hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi.

“Hutan mangrove sangat berguna bagi lingkungan, diantaranya mencegah intrusi air laut, abrasi dan erosi pantai, sebagai tempat hidup dan sumber makanan sejumlah fauna dan biota laut, menguraikan limbah dan menjaga kestabilan topografi pesisir,” ujarnya.

Ia juga menegaskan kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian kita dengan lingkungan salah satunya menanam tanaman mangrove.

Diketahui, Satpolairud Polres Kutai Kartanegara menanam sebanyak 250 bibit mangrove ditanam, sebagai langkah nyata dalam mempertahankan keanekaragaman Flora dan Fauna

Selain itu, sampah hasil bersih Pantai dilakukan pembuangan ke TPA ( Tempat Pembuangan Akhir ) Kel. Tanjung Harapan Kec. Samboja Kab. Kukar.(Montana)

Share :