screenshot 20240626 032722 1
screenshot 20240626 032719 1
screenshot 1 – 2

Kotabaru, Kalsel –
Cakrabhayangkaranews.
com (CBN) – Kepala Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Drs.Usman Pahero DP,.M.Pd, menerima penghargaan, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kotabaaru, Erwin Simajuntak, SKM, MAP. bersama Staf Ahli Bupati Kotabaru Bidang Pemerintahan,

Zainal Arifin, S.STP., M.Si. Jum’at 21-06-2024. Penghargaan yang diterima Usman Pajero, dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.di-Jakarta.

Penghargaan dan apresiasi yang diterima.Usmab, dalam rangkaian program Sapa (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Standar Pangan Aman).

Penilaian Lomba Desa Pangan Aman tersebut telah dilaksanakan pada bulan Pebruari hingga Mei 2024 oleh Tim Penilai dari Kementerian Koordinasi Bidang PMK Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertanian, Kementerian Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, BKKBN, Badan Pangan Nasional dan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Kepala Desa Hilir Muara Kecamatan Pulau Laut Sigam, Drs.Usman Pahero menerima penghargaan tersebut, mewakili Kabupaten Kotabaru dalam lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional tahun 2024, menyusul penetapan Desa Hilir Muara sebagai Juara 3 dari beberapa desa yang masuk nominal lomba. Sedangkan Juara 1 diperoleh Bali dan Juara 2 nya Mamuju, Sulawesi Barat.

Penghargaan diserahkan langsung kepada pemenang lomba oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan, Erma Setyawati, S,Si., Apt. Penghargaan yang diraih tersebut juga atas dukungan dan Komitmen Bupati Kotabaru, H.Sayed Jafar Al-Idrus, SH yang tertuang dalam kesepakatan bersama antara Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru Nomor : HM.03.01.22A4 .09.4798 Nomor : 3 tahun 2021 tentang Pengawasan Obat dan Makanan Terpadu di wilayah Kabupaten Korabaru bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru. Dalam bentuk, Pengawasan Keamanan Pangan, Pengawasan terhadap Industeri Rumah Tangga, Pengawasan dalam hal ini tidak menggunakan bahan berbahaya dalam pengolahan makanan, terselenggaranya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Penanggulangan KLB, Keracunan Pangan, serta fasilitas Sanitasi diarea publik.

Desa Hilir Muara Kabupaten Kotabaru juga aktif melibatkan sektor terkait mewakili Kabupaten Kotabaru mengikuti Lomba Desa Pangan Aman tingkat Nasional. BPOM Banjarmasin, selaku pembina lokal POM di Kabupaten Kotabaru.
Adapun dinas terkait antara lain, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Dinas Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Juga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat Pulau Laut Sigam, Poletiknik, PT. Arutmin, PT. Mubadala, Energi, Kepala Desa Hilir Muara dsn Ketua Tim Penggerak PKK Desa Hilir Muara.* syf

Share :