screenshot 20240618 211934 1
screenshot 20240618 211931 1
screenshot 1 – 2

GORONTALO – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Kodim 1315/Kabgor (Kabupaten Gorontalo) pertama kali melaksanakan Sholat Idul Adha yang bertempat di halaman Makodim 1315, Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, Senin (17/06/2024).

Bertindak sebagai Imam dan Khotib Ust. Iwan K. Usman dalam Khutbahnya mengatakan “Kaum muslimin yang menunaikan ibadah haji sebagai tamu Allah SWT, telah berkumpul melaksanakan wukuf di Arafah dan sedang berada di Mina, untuk melaksanakan jumratul Aqabah. Mereka dengan pakaian ihramnya berasal dari berbagai belahan dunia dengan latar belakang bangsa, ras, warna kulit, budaya dan strata sosial yang berbeda satu sama lain. Namun mereka memiliki tujuan yang sama yaitu memenuhi panggilan Allah SWT untuk menjadi tamunya, bertauhid mengesakaan Allah SWT semata.

“Karena Ibadah qurban merupakan salah satu ibadah penting dalam ajaran Islam. Ibadah ini memiliki pondasi yang kuat serta akar sejarah panjang, dalam tradisi rasul-rasul dahulu sehingga Nabi Muhammad SAW. Nabi Ibrahim AS dikenal sebagai peletak batu pertama Ibadah ini. Peristiwa penyembelihan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS terhadap Putranya Nabi Isma’il AS, merupakan dasar bagi adanya Ibadah Qurban. Keduanya dengan penuh keikhlasan memenuhi perintah Allah SWT. Peristiw menharukan ini dilukiskan dengan indah oleh ALLAH SWT dalam Alquran surat As-Shaffa ayat 102.

Khatib Ust Iwan K. Usman dalam penyampaiannya mengatakan bahwa Ibadah Qurban adalah nilai yang paling esensial adalah sikap bathin berupa keikhlasan, ketaatan, dan kejujuran. Tindakan lahiriyah tetap penting kalau memang muncul dari niat yang tulus. Ibadah Qurban bukan hanya mementingkan tindakan lahiriyah berupa menyedekahkan hewan ternak kepada orang lain terutama fakir miskin. Tetapi yang paling penting adalah nilai ketulusan guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sementara itu, Kodim 1315/Kabgor rencananya akan menggelar pemotongan atau Qurban terhadap 6 (enam) ekor sapi yang dibagikan kepada masyarakat sekitar, Selasa (18/06/2024).

Dandim 1315/Kabupaten Gorontalo Letkol Arm. Yudhi Ari Irawan mengatakan, hari ini adalah momentum bagi keluarga besar Kodim 1315/Kabgor bersama masyarakat bersama-sama melaksanakan sholat ied perdana dan selanjutnya melakukan penyembelihan enam ekor sapi.

“Alhamdulillah Kodim 1315/Kabgor ditahun ini bisa sholat Ied bersama di Makodim. Bersyukur kami juga bisa menyembelih hewan kurban sebanyak 6 ekor bersama warga sekitar,” ungkapnya.

Turut hadir dalam Sholat Ied diantaranya, Komandan Kodim 1315l/ Kabupaten Gorontalo Lekol Arm. Yudhi Ari Irawan, Kepala Staf Kodim 1315/Kabgor Kapten Inf. Abd Kabir Lessy, Para perwira seksi (Pasi) Kodim 1315, beserta seluruh staf jajaran hingga masyarakat Tabongo.* penrem 133/nw

Share :