oleh

Pemkab Touna Lirik Pengembangan Adat ToLalaeyo

Touna, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Pemkab Tojo Una-una (Touna), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Pariwisata Touna, kini “melirik” serta melakukan pembinaan dan peimberdayaan Adat – Istiadat ToLalaeyo di Banua Lipu.

Adat – istiadat ToLalaeyo yang digelar setiap tahun di wilayah Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna, Sulteng – khususnya di Desa Uedele dan sekitarnya — dilakukan setelah Panen Raya hasil Pertanian. Gelar Adat – istiadat merupakan Budaya tradisional para Leluhur, dan pelaksanaanya di lakukan bertempat di Banua Lipu dengan ragam kegiatan Seni dan Budaya ,kegiatan tersebut sekaligus menggunakan Pakaian atau Baju Adat ToLalaeyo setempat.

Rumah Adat atau Banua Lipu sebagai tempat Pusat Ragam kegiatan pada puncak perhelatan Budaya Tradisional ToLalaeyo yang di kenal dengan Mora,a – dan pada pada saat itulah seluruh rangkaian kegiatan Budaya Tradisional ToLalaeyo terselenggara ,di antaranya Lomba Main Gasim atau Moganci yang bahan bakunya dari kayu, dan Lomba Motela yang bakunya dari Bambu, serta kesenian Motende Bomba , Mokayori dan Molaolita.

Puncak Giat Mora,a ToLalaeyo di tandai dengan Motompo dan Mokanta, di sertai ketukan Gong bersama Gendang di Banua Lipu.

Bertempat di Banua Lipu ToLalaeyo Desa Uedele Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una una Sulawesi Tengah, Kamis (13/1/2022), warga setempat menyambut dengan suka – cita atas kunjungan kerja Kepala Dinas Pariwisata Tojo Una una, Muhammad Arsyad, S.E, M.si dan di dampinggi oleh Camat Tojo Sudarto R.M.Palakana, S.E. ,serta rombongan.

Kunjungan kerja Kepala Dinas Pariwisata Tojo Una una di Desa Uedele Kecamatan Tojo, dalam rangka melakukan Pembinaan dan Pemberdayaan Adat – Istiadat ToLalaeyo.

Kepada Media ini Kadis Pariwisata Tojo Una una Muhammad Arsyad, S.E, M.si menjelaskan bahwa kunjungan kali ini yang pertama di lakukan, setelah di lantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata Tojo Una una tanggal 30 Desember 2021 , oleh Bupati Tojo Una una.

Dia mengatakan bahwa, kunjungan kerja ( kunker) di Desa Uedele adalah merupakan salah satu bagian yang tidak dapat di pisahkan dari Program Kegiatan Dinas Pariwisata Tojo Una una ” ungkapnya.

Menurut Muhammad Arsyad, Adat – Istiadat ToLalaeyo yang setiap tahun di selenggarakan berpusat di Rumah Adat atau Banua Lipu di Desa Uedele Kecamatan Tojo, menjadi sangat penting untuk terus di lakukan dan di Lestarikan, dan oleh karena itulah Dinas Pariwisata Tojo Una una kali ini , Hari Kamis 13 Januari 2022 melihat dari dekat dan secara langsung menyaksikan terkait gelar Adat – Istiadat ToLalaeyo di Banua Lipu Desa Uedele.

Diapun mengungkapkan Ragam Seni dan Budaya Tradisional ToLalaeyo perlu di Lestarikan dan di angkat kembali dalam bentuk Pembinaan dan Pemberdayaan, dimana kita ketahui bersama – sama bahwa Adat – Istiadat ToLalaeyo merupakan Budaya Tradisional oleh para Leluhur, sehingga menjadi perlu dan penting untuk terus dapat dikestarikan dan dapat dikembangkan, terutama kepada generasi muda saat ini ” ujarnya,”.

Selain itu Budaya Tradisional ToLalaeyo di Banua Lipu yang menjadi pusat pelaksanaanya, bisa menjadi daya tarik tersendiri terhadap Pariwisata yang dapat di nikmati oleh para wisatawan, baik Mancanegara, Nusantara dan juga wisatawan Lokal .” pungkasnya,”* darma

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed